Daftar Blog Saya

Senin, 10 Juli 2017

Bukan Sekedar Piala

Big hug for "adek-adek" cantik nan unyu-unyu hehe^.^


Beberapa waktu yang lalu sebelum bulan ramadhan, kira-kira seminggu lebih beberapa hari saya baru mengetahui informasi lomba PMR tingkat provinsi di salah satu kampus swasta di daerah serang. Ade-ade yang saya bimbing sering nanya pengen ada kegiatan diluar mungkin mereka jenuh di kelas dan yang paling lucu adalah mereka pengen jalan-jalan ke rumah sakit layaknya mahasiswi kesehatan yang praktik. Tentu saja saya menjelaskan pada mereka bahwa hal itu hanya bisa dilakukan oleh mahasiswa kesehatan saja. Saya mengerti bahwa rasa keingintahuan mereka begitu besar terhadap apa yang mereka pelajari.

Sebenarnya saya mengambil resiko untuk ikutan lomba. Dimana yang namanya lomba harus siap segala-gala. Tapi menurut saya, jikalau saya tidak mengikuti lomba ini. Entah kapan lagi ada event seperti ini. Akhirnya, Bismillah saya ekesekusi dan langsung Tanya ke kepala sekolah dan guru bagian kesiswaan dan ternyata mereka ngedukung. Luar biasa waktunya numayan mepet bin empet serasa waktu 24 jam masih kurang. Selain itu, ada beberapa kegiatan yang tiba-tiba numpuk di minggu itu. Tapi saya mencoba untuk komitmen di lomba dan kegiatan yang lain juga bisa berjalan. Walaupun disitu saya lagi-lagi diingatkan bahwa kita tidak bisa menyenangkan hati semua orang, dan semuanya enggak bisa diambil setengah-setengah. 

Saya sendiri mencoba untuk tidak mendikte mereka. Saya ajak diskusi mereka. Mendengarkan dan memberi saran atas ide yang mereka cetuskan. Ternyata memang tidaklah mudah. Apalagi Tingkat SMP memang masih banyak yang harus diarahkan.

Saya jadi teringat dulu jaman SMA pernah ikutan olimpiade biologi, ceritanya baru nyiapin beberapa buku buat bahan bacaan. Beberapa hari kemudian langsung tes. Ngerasa amunisinya ga siap banget dan termasuk dadakan.
Terus ada cerita lucu juga pas kelas tiga SMA, tiba-tiba disuruh gantiin orang buat lomba pidato bahasa inggris dari berbagai sekolah di provinsi Banten. Dimana cuma punya waktu beberapa jam buat nyiapin. Pulang sekolah langsung ke warnet nyari bahan. Malamnya nyusun teks pidato sambil di ingat-ingat materinya. Paginya langsung stress karena ternyata enggak boleh pake teks. But, the show must go on . Saya mencoba melakukan yang terbaik yang saya bisa. Latihan ngoceh-ngoceh di cermin kamar mandi kampus, sampai dijemput sama guru karena waktunya udah deket.  Liat para peserta dari sekolah lain kayanya udah siap banget. Ngerasa jadi remah-remah rempeyek huhuuhu. 

Pas saatnya maju ke depan, saya ngoceh-ngoceh dengan terbata-bata. Didepan nge-blank, tapi saya masih ngoceh-ngoceh aja Cuma gak lancar. Juri bule pun mengernyitkan dahi dan juri dari kita yang tersenyum seakan-akan menyemangati “ayok, kamu bisa”. Saya pun melanjutkan hingga selesai.  Saya udah ngerasa down banget karena bagus-bagusnya peserta yang saya lihat. Sampai suatu ketika entah dari sekolah mana, dia maju dengan penuh meyakinkan. Kami pun para penonton menyimak apa yang akan disampaikannya. 

“Assalamualaikum wr.wb, Iam sorry iam forget. Wassalamualaikum wr.wb” terus dia langsung selesai gitu aja. 

Terus saya melongo aja, saya yang tadi susah payah megap-megap, dia pake kata-kata sakti dan yaudah kata-kata itu jadi viral setelahnya. Kayak virus, benar-benar menular ke teman-teman yang lainnya. Ada beberapa orang termasuk partner saya ikut pakai kata-kata ajaib itu juga. 

Dan ketika melihat adek-adek ngalamin apa yang saya alamin akhirnya saya cuma bisa senyum-senyum saja dan menyemangati mereka. Ada yang panik saking groginya dan ketika semua itu terlewati ada yang curhat ke saya dan saya dengarkan curhatan mereka. Hari itu jadi full day yang enggak akan saya lupakan. Gimana rasanya dulu pernah ada di posisi mereka sebagai peserta lomba  dan gantian gimana deg-degannya jadi yang mendampingi mereka. 

Walaupun hari itu kami mungkin tidak memenangkan pertandingan. Tapi ada hal yang lebih penting dari sekedar kemenangan dan membawa piala yaitu keberanian untuk mencoba. Suatu saat nanti, saya tahu mereka pun akan mengenang ini dan semoga bisa menjadi salah satu motivasi untuk terus mencoba hal baru dan tidak takut berkompetisi. Semoga bisa menjadi ketagihan. Serius, ketagihan dengan hal-hal positif tentunya. 

Karena sekolah bukan hanya sekedar mengejar nilai, begitupun pertandingan bukan hanya sekedar memenangkan prestise dan hadiah. Tapi suatu saat akan menjadi bekal di sekolah kehidupan dimana mungkin akan begitu  banyak pertandingan-pertandingan dalam hidup. Kadang menang  dan kadang kalah adalah bagian dari kehidupan. And when we trying best for that, just have fun for the process......

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar