Daftar Blog Saya

Sabtu, 31 Desember 2016

Semua itu berawal dari "ke-tidakjelasan"



Hai 2016, you are awesome…….

Setelah saya melihat-lihat blog sederhana saya ini. Daebak! Ternyata saya bisa merutinkan menulis walaupun kadang sebulan cuma satu biji hahaha. Aktifitas menulis saya mungkin masih belum begitu banyak. Tapi menurut saya tahun ini pencapaian yang lumayanlah. Sebenarnya saya tidak membuat target menulis sebulan kudu berapa tulisan. Cuma niat pokoknya rutin menulis. 

Ternyata ketika ada keinginan seperti itu, otomatis otak kita bikin alarm. Misalnya setiap bulan, entah di awal bulan saya posting tulisan atau pas di akhir bulan tulisan belum juga ada yang diposting, saya jadi kaya ngomong sendiri” woy, nulis woy”. Jadi pas lagi paling malesnya, yah satu bulan cuma satu biji doang. 

Lihatlah tulisan saya yang di tahun-tahun awal di 2009, omegot bikin saya malu sendiri sebenarnya. Kaya diary tulisan anak SMP, numayan alay. Tapi biarinlah saya enggak mau hapus. Bagaimanapun itu adalah karya saya. Dulu tuh cuma iseng bikin blog gara-gara saya numayan gaptek sama internet. Pas di rumah pasang internet, saya banyak mengexplore , internet itu bisa apa aja yah. Jadilah nyasar di blog orang yang waktu itu temen chatting di yahoo. 

Saya suka nyaranin temen untuk bikin blog, dan hampir jawabannya selalu sama “gue mau isi apa?” atau “gue udah bikin blog, tapi bingung mau nulis apa”. Sebenarnya saya dulu juga tanpa mikir, yah bikin aja. Posting tulisan-tulisan ga tau arahnya dan gambar-gambar iseng ga jelas. Yups berawal dari "ke-tidakjelasan". 

Sering sih menulis tapi alakadarnya, terus kebiasaan nyimpen tulisan-tulisan yang enggak utuh dan enggak selesai. Saya pikir menulis dan membaca itu tidak bisa dipisahkan. Jadi ketika teman saya demen baca buku, saya kira dia juga bakalan demen nulis. Ternyata enggak begitu juga. Perumpamaannya seperti orang yang doyan makan belum tentu bisa masak. Menulis juga termasuk keterampilan, harus diasah ternyata. Belum tentu banyaknya isi kepala kita, berbanding lurus dengan kemampuan kita untuk menuliskannya. 

Baru dua tahun terakhir ini, saya numayan mengaktifkan menulis dengan numayan serius, *ciyah so serius. Setelah saya ingat-ingat ternyata dari keisengan ikutan kompetisi juga jadi banyak pembelajaran. Salah satunya adalah belajar untuk menyelesaikan tulisan dan enggak takut untuk mengemukakan ide. Karena sebelum ikutan, di laptop banyak banget tulisan-tulisan yang enggak utuh, kebanyakan mikir kalau mau posting. Iyah, merasa enggak cukup aja dan ditunda-tunda ditambah niatnya kurang.

Makin kesini udah numayan merasa enjoy
 Punya cerita kenorak-an tentang sesuatu? yah ditulis,
 Marah tentang sesuatu yah ditulis, 
Bahagia atau sedih? yah ditulis,
 Lagi merasa galau yah ditulis

Berkarya itu, berawal dari sesuatu yang amatir, tidak langsung profesional. Tapi kebanyakan dari kita merasa takut memulai dan merasa kurang mampu. Padahal dengan memulai, walaupun mungkin pada awalnya terlihat konyol dan jelek. Sebenarnya kita sedang melakukan perjalanan. Dan perjalanan tidak harus diawali dengan langkah yang besar, tapi bisa dimulai dengan langkah kecil. Dan suatu saat kita akan menemukan jalan-jalannya, ke arah mana jalan yang sedang kita tempuh tersebut. 

an amazing things start from a bad things 

Menjadi film maker dimulai dari  film yang jelek
Menjadi penulis dimulai dari tulisan yang jelek
menjadi ilustrator dimulai  dari hasil gambar yang jelek
menjadi fotografer dimulai dari hasil poto yang jelek

Dan semuanya dimulai dari hal-hal yang sederhana, dari benda-benda yang ada di sekitar kita. Karya apapun itu kita hargai prosesnya. Makin kesini, menurut saya menulis itu untuk merekam perjalanan. Ketika membaca ulang jadi punya keseruan tersendiri, selain itu juga sebagai therapy untuk menasehati diri sendiri.

Saya sendiri masih terus belajar dan belajar, apapun itu^.^

Yuk bikin, walaupun jelek
Yuk dimulai, walaupun ga gampang 

semangat.......



Tidak ada komentar:

Posting Komentar