Daftar Blog Saya

Jumat, 04 November 2016

Tidak Sederhana






Ketika melihat iklan ini, seperti ada yg menggelitik ga sih?
beberapa orang dewasa yang diarahkan oleh anak kecil untuk memulai komunikasi dengan orang lain dari jarak jauh.

Sepintas, sangat lucu sekali melihat anak kecil sambil tertawa di depan layar. Tapi dalam hati kita pasti meng-iyakan. Menjadi orang dewasa itu"rumit".

Ketika kita masih kanak-kanak kita mencoba banyak hal, jatuh berkali-kali walau lecet, anehnya malah tidak kapok. Makan ini itu, yang kata orang dewasa "jangan nak, nanti begini ". Sedangkan keingintahuan anak-anak sangat besar sekali. Orang dewasa tampak khawatir, ada yg mengekang berlebihan, ada yang membiarkan dan ada yang mengarahkan.

Dikekang berlebihan mereka justru takut tapi pada akhirnya berontak. Dibiarkan, mereka kebingungan dan mencoba-mencoba saja. Diarahkan dengan baik, mereka lama -lama akan mengerti mana yg baik dan kurang baik untuk dilakukan.

Semakin kita dewasa, rekaman kita tentang itu semua bisa menjadi informasi di otak kita. Informasi dari orang-orang sekitar, dari apa yang kita baca, dengar, lihat dan rasakan. Informasi itu terus bertambah seiringnya umur kita yang makin menanjak. 

Lalu kita mulai kehilangan "kesederhanaan". Makin kita tahu tentang sesuatu, otak kita secara otomatis memberitahu, harus ini dan harus itu. Tapi informasi-informasi itu seperti benang kusut yang akhirnya "rumit". Kangen jadi anak kecil enggak sih? Bisa melakukan hal-hal yang diinginkan tanpa takut salah, salahpun dikatain lucu saja. 

Ingin memulai sesuatu malu kalau gagal, tidak tahan dengan omongan orang, enggak mau ditertawain, enggak mau lawan arus, dan enggak mau berbeda. Setiap kita ingin melakukan sesuatu, kita mikirnya pasti panjang banget. Saking panjangnya kadang enggak dilakukan padahal sesuatu hal yang baik. Analisisnya nge-jelimet. Makannya kata Bob sadino "belajar goblok" dan kata varun agarwal "don't think". 

Mungkin benar kadang kita harus mengosongkan otak kita dan "jalanin" seakan-akan enggak tahu apa-apa. Intinya dari iklan itu sebenarnya sih, susah banget yah memulai?. Jelas saja, kita mikirnya takut disangka orang aneh yang  tiba-tiba ada orang yang ngedatangin dan ngajak ngobrol. Itu pasti awkard banget dan enggak nyaman. 

Di vidio ini ada beberapa orang yang dibantu mentor kecil, Dan orang dewasa yang harus melaksanakan misinya adalah : Victoria (pemalu dan sulit berbicara dengan orang lain di keramaian) , jacob (takut bicara pada orang asing), Chris ( tidak mudah berkenalan dengan orang baru). Dan akhirnya mereka memulai dibantu  oleh mentor kecil yang jadinya malah lucu dan sederhana.

 Pembuka vidio
(Sejak kapan kita lupa berhubungan satu sama lain?)

Mungkin kita asyik dengan dunia kita sendiri, asyik dengan gadget dan pikiran-pikiran kita sendiri. Dan lupa bahwa kita butuh untuk mencoba hal-hal baru, bertemu dengan orang-orang yang asing, bertukar cerita pengalaman dan hal-hal yang membuat kita bisa menjadi "terhibur" atau bisa jadi "aha moment", kita enggak tahu kan?




 Penutup vidio

(Berkenalan dengan orang lain itu mudah, dengan bantuan kecil?)

Saat ini kita hanya butuh kesederhanaan, sesuatu hal yang justru kelihatannya"tidak sederhana". Belajar dulu gih, sama mentor kecil?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar