Daftar Blog Saya

Sabtu, 12 November 2016

Timbangan oh timbangan ......

Akhir-akhir ini, saya jarang olah raga, diet juga enggak, makan banyak iya. Apalagi selama bulan puasa, gorengan ga pernah alpa. Digempur sama makanan kesukaan macam kue nastar sama rendang pasca ramadhan. Dan ternyata oh ternyata, timbangan naik drastis.

Saya memang bukan tipe  orang yang pilih-pilih makanan, maksudnya misalnya gak suka sama jenis makanan tertentu. Rata-rata, saya suka.

Tapi untungnya dari jaman SMP saya diajakin buat ngerutinin olah raga. Jadinya numayan lah ni badan. Gak kebayang kalau gak olah raga macam mana ini. Terus tiba-tiba , saya bilang lah. Timbangan naik, yang syok dan banyak komentar, emak ama teteh. Langsung diceramahin," iya gendutan tuh kamu. Jangan gendut-gendut ih". 
Btw rata rata cewek gak suka dibilang gendutan pengennya mah kurusan aja. Ah, walaupun dusta itu menyakitkan, pasti cewekmah seneng-seneng aja kalau masalah berat badan. Padahal mah tahu kalau itu enggak bener banget.
Dan posisi lagi diomongin pas mau makan. Antara selera makan jadi menurun ama lapar. Saya lanjutkan saja. Diet-dietnya nanti aja hahaha.

Teteh saya bilang "Kamu mah masih dagangan belum laku".
Hadeuh apa boa yah. Saya suka protes, kalau udah laku juga harus dijaga juga atuh.

It means what?
Saya mengerti sih bahwa kita juga harus peduli sama diri sendiri. Jangan sampai cuek. Gak ngerawat diri, misalnya. Badan kita punya hak, dan diri kitalah yang mengontrolnya. Kalau orang lain, misal lagi ujian, stress karena hal tertentu justru malah kurusan karena ga nafsu makan. Saya kebalikannya, justru sering ngemil. Setelahnya saya merasa bersalah pada diri sendiri. 

Kadang kalau lagi disiplin, bisa healthy food banget, segala-gala direbus. Kadang kalau lagi kumat, diembat aja mau itu karbohidrat semua, gorengan dan teman temannya. Terus, ngomong sendiri "iya, nanti besok olah raga". Bisa iya, bisa enggak tuh jadinya. Terus tiba tiba liat pipi makin tembem. 

Tapi beneran ko, kalau kita udah mempunyai good habit. Biasanya ada alarm diri untuk aware lagi.
Dan biasanya orang-orang di sekitar kita itu, yang lebih "geregetan" karena saking sayangnya ngingetin. Itu pasti gara-gara kita suka lupa sendiri dan kadang butuh juga diceramahin.

Tapi, seberapa kuat motivasi dari luar kalau diri sendiri kurang ,bisa sedikit berpengaruh. Sebaliknya seberapa kuat godaan dari luar kalau motivasinya udah "keukeuh" apapun bisa. 

Ini ceritanya curhatan abis lebaran tersimpan di draft, ditambah sekarang lagi merasa horor sama timbangan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar